Minggu, 30 Maret 2014

Memimpin dengan memberi contoh

Semua pembaca yang budiman, Manusia diturunkan di Bumi oleh Tuhan sebagai khalifah atau pemimpin di Bumi. Dengan demikian sudah seharusnya kita dapat memberikan dampak positif terhadap orang di sekitar kita. sebagai generasi muda tentu saja kita harus dapat memberikan kontribusi kita agar tercipta kehidupan yang lebih baik. Namun, bagaimana caranya?

Sebagai generasi muda terkadang kita tidak tahu bagaimana memulai menjadi seorang pemimpin. Hal ini disebabkan karena banyak hal, dan salah satu yang paling utama adalah kita sering di anggap remeh oleh mereka memang memiliki pengalaman lebih dari kita. Padahal hanya bermodal pengalaman saja tidak cukup, karena kita perlu sebuah ide-ide cemerlang yang biasanya lahir dari generasi muda. 

Berdasarkan masalah tersebut, apa yang bisa kita lakukan sebagai generasi muda agar bisa menjadi pemimpin dan menerapkan ide yang kita miliki? terlebih dahulu kita harus dapat memahami apa itu yang di sebut Pemimpin? Menurut saya Pemimpin adalah seseorang yang memiliki pengaruh terhadap orang-orang di sekitarnya. Pertanyaan selanjutnya bagaimana caranya kita bisa memiliki pengaruh terhadap orang-orang di sekitar kita?, apakah kita harus berkuasa dahulu agar dapat memiliki pengaruh terhadap orang-orang di sekitar kita?, bagaimana kita sebagai generasi muda harus bertindak?.

Untuk dapat menjadi sosok pemimpin kita tidak harus memaksakan kehendak orang-orang di sekitar agar mengikuti kemauan kita. Yang perlu kita lakukan hanya satu hal sederhana. Yaitu, memberikan contoh nyata sehingga mereka tahu yang kita lakukan merupakan sesuatu yang baik dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Dengan demikian lambat laun dengan ketekunan kita mereka akan tergerak untuk melakukan apa yang sudah kita lakukan karena mereka sudah tahu bahwa kita melakukan sesuatu yang baik. Hasilnya sosok Pemimpin itu muncul sendiri dalam diri kita setelah kita melakukan suatu kegiatan positif yang bermanfaat bagi banyak orang dan menggerakkan orang lain untuk melakukan hal tersebut. Kenapa saya berkata demikian, karena pola pikir orang Indonesia cenderung tidak akan tergerak jika hanya diperintah tanpa di beri contoh. Selain itu memang sudah selayaknya pemimpin yang baik itu selalu memberikan contoh.

Dalam kehidupan nyata yang paling sederhana saja untuk mengajari anak kecil, akan lebih efektif jika dengan diberikan contoh secara langsung, bukan perkataan apalagi larangan. Itu baru anak-anak, belum orang Dewasa yang tentu saja akan lebih sulit. Tetapi jika mau berjuang pasti akan ada jalan, walaupun dalam prosesnya tidak selalu mulus. Yang kita perlu lakukan sebagai generasi muda dan calon pemimpin di masa depan adalah memberi contoh. Mulailah dari hal kecil di sekitar anda kemudian jadikan hal kecil itu besar dan tumbuh bersama anda.

Inovasi, sebagai generasi muda kita juga harus berani memberikan sesuatu yang baru. Karena terkadang kita terlalu takut untuk mencoba sesuatu yang baru karena kita sudah takut gagal padahal belum mencoba. Mulai sekarang cobalah sesuatu baru yang bermanfaat, jika gagal berhenti sejenak, renungkan hal apa yang mengakibatkan kegagalan tersebut. Setelah itu coba lagi jangan menyerah, karena sebuah kegagalan bukan merupakan akhir melainkan sebagai peringatan atas kesalahan yang kita lakukan.

Pemimpin cerdas itu pasti, tapi tidak semua orang cerdas dapat menjadi pemimpin yang baik jika tidak memiliki hal-hal yang saya sebutkan di atas. Namun pemimpin harus dapat berpikir cerpat dan tepat sehingga pemimpin cerdas itu sangat diperlukan. Karena nasib suatu kelompok akan ditentukan oleh pengambilan keputusan dari seorang pemimpin.

Selain hal-hal tersebut, pemimpin harus memiliki sebuah komitmen. Karena, berinovasi tanpa memiliki komitmen belum bisa di sebut pemimpin. Pemimpin yang tidak memiliki komitmen akan berbahaya bagi kelompok yang dipimpinnya jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Komitmen juga erat kaitannya dengan Tanggung Jawab. Ini mutlak bagi seorang pemimpin, karena apapun yang terjadi pada suatu kelompok maka yang harus menanggung adalah pemimpinnya.


Mulai sekarang jadilah generasi muda yang selalu memberi contoh yang baik terhadap orang-orang disekitar anda.Tetaplah berinovasi agar ide anda selalu fresh untuk dicontoh oleh orang-orang disekitar anda. Jadilah pemimpin yang dapat menyelamatkan kelompok anda dengan keputusan yang cepat dan tepat saat menghadapi suatu masalah. Yang terakhir jadilah pemimpin yang bertanggung jawab. Karena pertanggungjawaban itulah yang nantinya akan dipertanyakan oleh Tuhan nantinya jika anda menjadi seorang pemimpin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger