Minggu, 25 Mei 2014

KODE

KODE menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :
kode /ko·de/ n 1 tanda (kata-kata, tulisan) yg disepakati untuk maksud tertentu (untuk menjamin kerahasiaan berita, perintah, dsb); 2 kumpulan peraturan yg bersistem; 3 kumpulan prinsip yg bersistem;

That's why pesan kode yang anda ingin sampaikan sering tidak mendapat respon oleh penerima (receiver). Bukan karena gak PeKa ataupun sejenisnya (yang sejenis apa ya?). Sesungguhnya itu bukanlah salah seorang penerima kode (receiver), jika kode yang anda berikan tidak ada tanggapan, itu karena sesungguhnya memang kami semua tidak menyadari. Hal ini karena tidak pernah ada kesepakatan antara pemberi kode (bisa kita sebut Transmitter), dan penerima kode (Receiver). Padahal sudah jelas menurut penggertian dari KBBI bahwa kode adalah tanda (kata-kata, tulisan) yg disepakati untuk maksud tertentu *biar jelas gue garis bawah. Jadi jika tidak ada kesepakatan di antara kita *cielah wajar dong jika pesan yang ingin anda sampaikan tidak dapat diterjemahkan.

Contoh kejadianya seperti ini 



Namun, di sisi lain, kode yang anda kirimkan sebenarnya sudah tersampaikan namun bukan pada orang yang tepat, bisa dibilang salah sasaran. Kondisi seperti ini akan melahirkan individu-individu yang ke-GR-an. Hal ini juga yang mengakibatkan kadang kita lamban merespon kode karena ada resiko seperti yang disebutkan barusan. Akhirnya penerima kode (receiver) lebih memilih untuk diam, karena "Diam itu Emas." meskipun kadang "Diam belum tentu Emas, namus justru menghasilkan Emas." *pikir sendiri

Untuk menghindari hal tersebut, seharusnya anda melakukan konfirmasi kepada penerima kode terlebih dahulu sebelum anda memberikan kode tentang maksud dari kode anda tersebut. Misalnya, sebelum kita menggunakan kode Morse, tentu kita harus mempelajari tentang Morse terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mencegah kejadian-kejadian seperti yang disebutkan sebelumnya. Dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar saja masing sering terjadi miss komunikasi apalagi dengan menggunakan kode?, tentu resiko tersebut akan lebih besar.

Memang rumit jika membahas kode, ya namanya juga Kode aka Pesan rahasia aka Isyarat pasti memang sengaja dibuat seperti itu. Namun pesan saya, dalam merayakan Hari kartini ini (dulu  ngetiknya pas Hari Kartini, cuma terlalu lama ketimbun di Draf *curhat) alangkah baiknya kita dapat saling mengerti dan memahami.*cielah jangan saling menyalahkan. Agar dapat tercipta kehidupan bahagia dunia akhirat.

#SEKIAN

3 komentar:

  1. yah masa ngasih kode mesti ada kesepakatan antara transmitter dan receiver, lebih mirip jual beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam militer saja ada kesepakatan tentang Kode yang digunakan

      Hapus
    2. kalo ga sepakat trus ditinggal gitu aja, gitu? trus gimana sama perasaan? ha? ha? ha???

      Hapus

Powered By Blogger